Berbagai Macam Jenis Sayur Sayuran

Hallo Assalamualikum.. Saya Lyan. Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan alias kebutuhan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur. 

Sumber Gambar ( pixabay )
 
Sejumlah sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu, sementara yang lainnya harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, dikukus, digoreng, atau disangrai. Sayuran berbentuk daun yang dimakan mentah disebut sebagai lalapan.

Adapun sebagai berikut yang di maksudkan kedalam kategori Sayur Sayuran. 

Sayur Bayam

Sayur Bayam
Sumber Gambar ( tanahkaya.com )
Di Indonesia, bayam dapat tumbuh sepanjang tahun dan ditemukan pada ketinggian 5-2.000 m dpl, tumbuh di daerah panas dan dingin, tetapi tumbuh lebih subur di dataran rendah pada lahan terbuka yang udaranya agak panas
Bayam termasuk makanan yang kaya nutrisi dan sangat baik sebagai sumber kloropil atau zat hijau, selain itu bayam juga mengandung Vitamin A, B kompleks, C, E, K dan karbohidrat, Beta karoten, Kalsium, Fosfor, dan serta yang tinggi. 

Manfaat bayam sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak pada umumnya, ibu hamil, dan bagi semua orang tentunya. Bayam nerupakan sayuran yang pertama kali dimakan anak-anak.

Jenis Sayur Bayam
  • Bayam Cina atau Bayam Merah, seperti yang terlampirkan pada situs Alodokter, tumbuhan bernama Latin Amaranthus dubius ini dianggap memiliki segudang manfaat. Walau disebut bayam merah, bayam jenis ini memiliki daun dan batang berwarna merah keunguan. Bayam merah ini dapat tumbuh di daerah beriklim panas yang banyak terpapar sinar matahari, termasuk di Indonesia.

    Bayam Merah
    Bayam Merah
    Sebuah penelitian menggunakan ekstrak bayam merah yang mengandung nitrat oksida, dilakukan guna menguji efek sayuran tersebut pada kinerja tubuh setelah olahraga, kesehatan pembuluh darah, dan kelancaran aliran darah.

    Penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak bayam merah mampu merangsang pembentukan nitrat oksida alami di dalam tubuh. Efek ini terlihat dapat memperbaiki kelenturan pembuluh darah, membantu memperlancar aliran darah, menjaga kesehatan jantung, dan membantu menurunkan tekanan darah meski dalam jumlah sedikit.

    Manfaat bayam merah
    lainnya adalah untuk melawan penyakit kanker. Berdasarkan penelitian di laboratorium, ditemukan bahwa ekstrak bayam merah yang memiliki antioksidan tinggi bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Sayangnya temuan ini butuh dikaji lebih lanjut karena masih terbatas pada hasil penelitian di laboratorium, dan belum teruji secara klinis pada manusia.
  • Bayam Hijau, Amaranthus hybridus memiliki dua varietas, yaitu varietas caudatus dan varietas paniculatus. Varietas caudatus berdaun agak panjang, berujung runcing, dan berwarna hijau atau merah tua. Bunganya merangkai panjang di ujungujung batang. Sementara itu, varietas paniculatus memiliki dasar daun yang lebar dan berwarna hijau. Rangkaian bunganya panjang dan tersebar di ketiak daun atau cabang, tetapi lebih teratur daripada varietas caudatus.
  • Bayam Hijau


Tumbuhan Cabai


Sumber Gambar ( sayaajarkan.com )


Berdasarkan pembahasan dari situs dosenpertanian.com cabai termasuk dalam jenis tanaman terong-terongan atau solanaceae dan merupakan tumbuhan yang mudah ditanam pada daerah dataran rendah dan juga pada daerah dataran tinggi. 

Tanaman cabai memiliki banyak kandungan vitamin A dan vitamin C serta terdapat kandungan minyak atsiri capsaicin yang dapat memberikan rasa pedas serta memberikan rasa hangat atau panas ketika dicampurkan dengan rempah-rempah atau bumbu dapur yang lain beserta dengan lauk pauknya.

Tumbuhan Sawi 

Sawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain.

Tumbuhan Sawi
Selain rendah lemak dan rendah kalori, yaitu hanya 13 kalori per 100 gram, sawi putih kaya akan nutrisi. Sayuran ini mengandung karbohidrat, serat, protein, dan berbagai vitamin serta mineral penting.

Tumbuhan Terong 

Terong sering ditanam secara tahunan. Tanaman ini tumbuh hingga 40-150 cm (16-57 inci) tingginya. Daunnya besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10-20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5-10 cm (2-4 inci) lebarnya. Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm (7 kaki), dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya. 

Sumber Gambar ( gdmorganic.com )


Batangnya biasanya berduri. Warna bunganya antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus. Benang sarinya berwarna kuning. Buah tepung berisi, dengan diameter yang kurang dari 3 cm untuk yang liar, dan lebih besar lagi untuk jenis yang ditanam.


Keterangan Lain menyangkut Sayur Sayuran

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Macam Jenis Sayur Sayuran "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel